Blending Hitachi Projector di Universitas Sanata Dharma

Beberapa waktu lalu, Universitas Sanata Dharma mulai menggunakan Hitachi Projector untuk solusi proyeksi di gedung auditorium nya yang baru. Dalam rangka meningkatkan kualitas audio visual di gedung auditorium yang baru ini, Universitas Sanata Dharma menggunakan teknologi Edge Blending terbaru dari Hitachi agar dapat menampilkan proyeksi dengan aspect ratio yang lebih besar sehingga memungkinkan untuk menampilkan proyeksi yang lebih canggih dan rumit di auditorium ini.

Video Hitachi Projector 5000 Series

Video terbaru Hitachi Projector, memperkenalkan CP-X5550, CP-X5555, dan CP-WX5500 Stacking Series. Dengan kemampuan stacking, proyektor-proyektor 5000 Series bisa melipatgandakan kekuatan proyeksi sehingga proyeksi lebih terang dan tajam.

Video Hitachi Interactive Projector CP-TW3003/3005

Video terbaru Hitachi Projector seri Interactive CP-TW3005. Dengan 3300 ANSI Lumens, Ultimate Short Throw projection, dan fitur Interactive serta networking dan wireless menjadikan CP-TW3005 sebagai proyektor paling ideal untuk keperluan presentasi yang lebih dinamis dan berkualitas. 

 

Video Hitachi Projector CP-EX301N

Video baru dari Hitachi Projector di Indonesia tentang projector baru seri CP-EX301N. Dilengkapi dengan kekuatan cahaya 3200 ANSI Lumens, contrast ratio 4000:1, juga dengan lampu yang hemat dan perawatan yang minim. Lengkap dengan fitur Networking, ImageCare, Template, MyScreen/Logo, PIN Lock, dual computer input, HDMI, USB Remote, dan fitur lainnya.

 

Video Hitachi Projector ED-27X

Video baru dari Hitachi Projector di Indonesia mengenai projector seri Value terbaru ED-27X. Dengan resolusi XGA dan 2700 ANSI Lumens, proyektor ini cocok untuk berbagai keperluan proyeksi. Juga dilengkapi dengan ImageCare, Template function, MyScreen/Logo, PIN Lock, dan dual computer input.

 

 

Proyektor Hitachi di Setiap Ruang Kelas Telah Berhasil Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Belajar Mengajar

Penisula School District, Gig Harbor, WA.

Hitachi berhasil membuat rekam jejak kesuksesan dengan Peninsula School District of Gig Harbor, Washington. Peninsula School District, yang terdiri dari tiga SMA, empat SMP, dan delapan SD, telah memasang Hitachi CP-TW2503 di 43 ruang kelas di seluruh District untuk membantu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Misi dari Peninsula School District adalah penggunaan teknologi yang mulus di ruang kelas, dan Hitachi membantu untuk mencapai misi tersebut.

Komite Bagian Teknologi dari District tersebut mengevaluasi efek dari teknologi di ruang kelas dan berkesimpulan bahwa sebuah komputer yang baik yang terhubung dengan sistem proyeksi yang baik membuahkan hasil yang paling signifikan pada sebagian besar siswa. Berdasarkan pada penemuan ini, District ingin memasang proyektor terbaik yang ada saat ini.

"Kami telah memasang proyektor di ruang kelas selama 5 tahun," kata Debra Wolfley, Purchasing and Inventory Clerk dari Pennisula School District Technical Services. "Hitachi menyediakan gambar yang terang dan tajam - lebih baik daripada semua merk proyektor yang telah kami gunakan atau coba, dan ini cocok untuk pemakaian ketika siang hari yang terang. Proyektor Hitachi Ultra Short Throw CP-TW2503 adalah pilihan terbaik untuk ruang kelas yang membutuhkan proyektor yang dipasang pada langit-langit ruangan."

Peninsula School District tidak menginginkan terganggunya proses belajar mengajar di ruang kelas dengan adanya instalasi proyektor. Hitachi CP-TW2503 telah secara perlahan dan tanpa mengganggu diintegrasikan ke dalam ruang-ruang kelas. Inilah yang diinginkan oleh para staf - transisi ke teknologi paling mutakhir yang tidak mengganggu untuk lebih menunjang proses belajar mengajar para siswa.

"Para guru sudah bisa memproyeksikan aplikasi-aplikasi dan juga cuplikan dari Internet menggunakan proyektor di setiap ruang kelas, di setiap sekolah," jelas Wolfley. Hitachi telah berhasil menyediakan proyektor yang jernih, terang, dan mudah digunakan.

Dikutip dan diterjemahkan secara bebas dari Case Study Hitachi Digital Media -

http://dmd.hitachi-america.us/supportingdocs/forhome/DisplayTechnologiesGroup/news/Hitachi-case-study-peninsula-school-district.pdf


Projectors: CP-WU9410 with USL-901 Lens

Department of Brilliant membutuhkan sebuah proyektor untuk memproyeksikan gambar visual di panggung untuk sebuah band di London; Public Service Broadcasting yang menghibur para penontonnya melalu transmisi audio visual di mana mereka menampilkan berbagai cuplikan dari film-film lama informasi umum, tayangan arsip, dan juga material propaganda dengan diiringi drum, gitar, banjo, dan alat musik elektronik. Proyektor tersebut akan digunakan untuk memproyeksikan gambar dari belakang(rear project) melalui setting TV kuno dan alat-alat proyeksi video modern.

Pada kesempatan ini, efek-efek visual tersebut akan diputar dari sebuah komputer ke empat proyektor, lalu projection-map ke berbagai bidang, termasuk ke setting TV kuno.

Setelah mempelajari berbagai jenis Hitachi projector, The Department of Brilliant merasa bahwa CP-AW252WNM 2500 Lumens Ultimate Short Throw tidak bisa mencukupi permintaan proyeksi yang diminta, dengan kebutuhan proyeksi lumen yang lebih besar dikarenakan adanya lampu panggung dan juga penampilan band yang dilakukan terkadang pada siang hari yang cerah. Mereka kemudian memilih 4 buah proyektor CP-WU9410 beserta lensa USL-901 Ultra Short Throw Lens. The Department of Brilliant hanya menggunakan koneksi VGA dan melakukan koreksi keystone dan manipulasi proyeksi menggunakan software mereka sendiri, sehingga mereka hanya memerlukan proyeksi yang sangat terang untuk menyetarai terang cahaya lampu panggung yang sangat kuat. Keperluan mereka yang kedua adalah Throw Ratio yang pendek, karena ini adalah yang bisa membuat proyektor-proyektor ini dipasang sangat dekat ke layar, dan tidak menimbulkan bayangan pada layar karena band tidak tersorot cahaya dari proyektor.

Pilihan untuk menggunakan WU9410 dan USL-901 kata manajer band tersebut, "Sempurna. Lensa dengan throw ratio 1:1 tersebut berjalan dengan baik dan proyektornya berhasil membuat penampilan band tadi menjadi sangat berkesan. Ketika kami butuh untuk mengimbangi terang cahaya lampu panggung, semakin kuat proyektornya semakin baik, maka untuk selanjutnya kami akan semakin mempertimbangkan proyektor model lain yang lebih kuat atau mungkin bahkan Stacking."

Dikutip dan diterjemahkan secara bebas dari Case Study Hitachi Digital Media - http://www.hitachidigitalmedia.com/en-gb/case-studies/the-department-of-brilliant-cp-wu9410-raf-event


SMART SOLUTION DENGAN SUPER OR ULTRA SHORT THROW

Apa yang terjadi apabila suatu saat kita harus presentasi di suatu ruangan terbatas padahal kita perlu menggunakan tayangan proyektor

Biasanya untuk mendapatkan proyeksi selebar 2 meter saja kita membutuhkan jarak dari proyektor ke layar sekitar 3,5 -4,5 meter dan area di depan proyektor harus bebas dari segala benda supaya tidak menghalangi proyeksi.

Kini sudah tidak menjadi masalah karena Hitachi memberikan “Smart Solution” berupa Projector dengan kemampuan Ultra Short Throw (UST) dan Super Short Throw (SST).

Projector dengan kemampuan UST mempunyai Throw Ratio 1 : 0,3 yang artinya, untuk mendapatkan proyeksi selebar 1,7 meter hanya memerlukan jarak tembak sejauh 0,3 x 1,7 = 0,51 meter. Sedangkan Projector dengan kemampuan SST mempunyai Throw Ratio sebesar 1 : 0,6 sehingga untuk mendapatkan layar dengan lebar 1,7 meter memerlukan jarak tembak sejauh 0,6 x 1,7= 1,02 meter.

Selain keuntungan jarak tembak yang pendek ada juga keuntungan lain yang didapat yaitu, bayangan kita (presentor) tidak akan menutupi proyeksi presentasi kita, sehingga audiens tidak akan terganggu pandangannya. Ditambah apabila pekerjaan kita mengharuskan kita menggunakan proyektor setiap hari (salah satu contohnya adalah Guru atau pengajar) maka dengan menggunakan Projector UST atau SST ini akan turut serta dalam menjaga kesehatan mata kita dengan menghindari silau. Bagaimana mata kita bisa dalam kondisi sehat selalu apabila tiap hari harus selalu terkena sorotan cahaya proyektor yang menyilaukan. Sayangi guru !!

Proyektor UST dikemas dalam seri CP-AX2503 (2700 lumens), CP-AX3003 (3300 lumens) dan CP-AX3503 (3600 lumens). Semua seri ini sudah dilengkapi dengan kemampuan Wireless, Networking, dan ImageCare Technology. Sedangkan untuk proyektor SST dikemas dalam seri CP-CX250 (XGA 2600 lumens), CP-CW250 (WXGA 2600 lumens), CP-CX300 (XGA 3100 lumens) dan CP-CW300 (WXGA 3100 lumens). Seri SST ini juga sudah dilengkapi dengan Wireless, Networking kecuali seri CP-CX250 dan ImageCare Technolog yaitu teknologi untuk hemat energi dan hemat lampu , khas dari semua projector HITACHI.

 

WIRELESS PROJECTOR DARI HITACHI

Bagi presenter yg tidak mau diributkan dengan masalah kabel, maka Wireless Projector merupakan pilihan yang tepat. Dengan Wireless Projector , presenter dapat bergerak bebas dalam menyampaikan gagasannya, sehingga lebih menimbulkan kesan yg lebih impresif dan canggih. 
Mulai sekarang, semua type Wireless Projector yg beredar di pasaran, sudah kompatibel dengan Sofware iOS dari Apple, sehingga memungkinkan menjalankan presentasi dari iPAD dan iPhone.

Semua proyektor Hitachi kelas menengah ke atas sudah dilengkapi dengan kemampuan sebagai Wireless Projector dan kompatibel dengan iOS dari Apple dan juga Android gadget.

Proyektor –proyektor tersebut dapat terhubung ke jaringan / networking secara Ad-Hoc / Peer to Peer maupun secara Infrastruktur.
Untuk mengamankan data-data penting yang akan ditayangkan secara nirkabel, Hitachi sudah menyediakan Software “LiveViewer”yang sudah dilengkapi dengan enskripsi dan password. Proyektor Hitachi juga dilengkapi dengan 12 digit “Passcode” yang akan berubah setiap 5 menit, sehingga akan sulit bagi orang yang berada di luar ruang meeting untuk mengganggu jalannya meeting dengan menampilkan gambar lain ke Wireless Projector yang berada di ruang meeting.  

Sebuah Wireless Projector Hitachi dapat sekaligus menampilkan gambar dari 4 buah komputer dalam satu Layar, walaupun masing-masing komputer menggunakan Sistem Operasi yg berlainan ( mis : Windows XP, Windows Vista, Windows 7, iOS ).

Sebanyak 50 buah komputer dalam suatu jaringan dapat terhubung ke sebuah Proyektor Hitachi dengan 1 buah komputer diantaranya sebagai Moderator, sehingga komputer siapa yg berhak ditampilkan ke proyektor bisa terkontrol dan acara seminar / presentasi menjadi lebih terkendali.

Sebaliknya, sebuah komputer bisa ditampilkan secara serentak ke 12 buah Wireless Projector Hitachi, dan type masing-masing proyektor yg digunakan tidak harus sama. Hal ini memudahkan bila digunakan dalam suatu seminar dengan jumlah audiens yg sangat besar sehingga dibutuhkan banyak ruangan dengan ”Giant Screen”, tetapi sumber gambar semua proyektor dari komputer milik presenter yang ada di ruang utama.

Dengan koneksi wireless ini, kita juga bisa melakukan ”controlling” pada setiap proyektor dengan virtual Remote Control. Hal ini akan sangat berguna bila proyektor dipasang pada tempat yang tinggi dan luas, dimana sinyal Remote Control tidak mampu menjangkau sensor pada proyektor.
Juga dapat mengirimkan gambar atau suatu pengumuman berupa ”Running Text”, sehingga tidak mengganggu jalannya presentasi.

Atau membuat jadwal saat proyektor dihidupkan/dimatikan secara otomatis, bahkan kita bisa menerima e-mail tentang laporan kondisi masing-masing proyektor. Bila proyektor tiba-tiba rusak, ada 5 orang yang akan dikirimi e-mail tentang kerusakan proyektor tersebut secara otomatis, sehingga penggunaan proyektor lebih efektif dan efisien. Dengan fitur-fitur di atas, maka biaya pengoperasian, perawatan dan penggantian lampu jauh lebih murah dan efisien.

 

 

PROJECTOR STACKING

Seringkali kita membutuhkan proyektor yang mempunyai brightness yang sangat tinggi karena akan dipergunakan dalam sebuah aula atau auditorium yang besar, padahal proyektor yang sudah kita miliki hanya mempunyai brightness yang rendah.

Untuk mengatasi hal seperti itu kita lalu menyewa ataupun harus membeli proyektor baru dengan brightness yang lebih tinggi lagi, yang biasanya harganya sangat mahal.

Namun kini ada solusi baru yang bisa dimanfaatkan, yaitu “Projector Stacking” , dimana dua buah atau lebih proyektor ditumpuk/disusun sedemikian rupa , sehingga berkas cahaya yg menyorot masing-masing akhirnya menyatu pada satu Layar dengan satu fokus dan presisi yang tinggi, maka cahaya yang dihasilkan merupakan penjumlahan dari brightness masing-masing proyektor tadi.

Apakah semua proyektor dapat melakukan hal tersebut ? Ternyata , tidak semua proyektor dapat melakukan hal tersebut karena tidak tersedianya fasilitas untuk mengatur presisi arah proyeksi ke satu titik yang sama dari proyektor proyektor tersebut.

Ada beberapa proyektor HITACHI yang memiliki fasilitas “Perfect Fit” dan “Vertical & Horizontal lens Shift” , yang memungkinkan dua proyektor dari tipe yang sama, disusun/ditumpuk (stacking) dan dilakukan “Fine Tuning” sehingga menyorot dan fokus ke satu titik yang sama dengan hasil gambar yg menyatu, tajam dan tetap fokus.

Misalnya, proyektor Hitachi type CP-X5022WN memiliki brightness 5000 ANSI lumens, sehingga apabila di”Stacking” 2 buah akan menghasilkan brightness sebesar 10.000 ANSI lumens, luar biasa terang sehingga bisa digunakan di auditorium dengan layar yang lebar dan audiens yg banyak dengan hasil yang memuaskan.

 

 

CP-TW2503 dan CP-TW3003, PROYEKTOR INTERAKTIF TERBARU DARI HITACHI

Baru baru ini Hitachi meluncurkan INTERACTIVE PROJECTOR seri-seri  terbarunya yakni  CP-TW2503 (WXGA 2700 Ansi Lumens)  dan CP-TW3003 (WXGA, 3300 ANSI Lumens).

Pada seri-seri baru ini, tetap dilengkapi dengan fitur-fitur yang sudah ada pada pendahulunya (yakni type CP-AW2519NM) , seperti  : menjadikan dinding-layar kita seolah-olah menjadi  “large touch screen” dimana kita bisa menjalankan computer hanya dengan menyentuh layar saja, dan disamping itu kita bisa melakukan “anotasi” atau tambahan coretan/tulisan dll diatas presentasi yang sedang kita lakukan.

 

Fungsi lain yang sangat populer adalah Object recognition, dimana saat kita menggambar object tertentu maka otomatis akan disempurnakan (misal garis lurus, segitiga, lingkaran,  elips dsb) , Juga fungsi yang sangat disukai dan berguna yaitu text recognition yang bisa mengenali tulisan tangan kita dan dialihkan menjadi text secara otomatis. Lebih canggih lagi dia mengenali tulisan tangan kita baik dalam berbagai aksara,  huruf latin, huruf Arab, Kanji-Jepang, Mandarin, Korea dll. Fungsi inilah yang membedakan projector interactive Hitachi dengan merk  lainnya yang tidak mempunyai fungsi object and text recognition.

 

finger touch.jpg

Pada seri baru ini terdapat kelebihan utama yakni kita bisa melakukan anotasi , menulis, text, touch screen, menggambar dll, cukup hanya menggunakan jari kita saja. Bahkan bisa simultan dapat dilakukan sekaligus bersama-sama 4 orang ( 4 jari). Ini dimungkinkan karena adanya sensor laser yang mengenali gerakan jari kita secara akurat, karenanya juga mampu mengenali tulisan yang kita buat.

 

 

Pada seri baru ini juga ada fitur baru yakni  expandable, dimana kita bisa menggabungkan dua projector interactive sehingga merupakan layar yang sangat lebar-panjang  seolah tanpa batas.
Ada tambahan fitur menarik yaitu stand alone, dimana kita tidak perlu koneksi ke notebook/computer, dan tetap bisa berfungsi dengan gambar/tulisan maupun anotasi dll, dan semuanya bisa di save di Flash disk yang ditancapkan di slot USB yang tersedia.

 

 

Seri baru ini juga dilengkapi dengan kemampuan WiFi , sehingga kita bisa langsung menampilkan gambar presentasi dari komputer ke projector untuk ditayangkan, tanpa melalui kabel / nirkabel atau secara WiFi.
Semua ini tentu membuat meeting di perusahaan maupun proses belajar di kelas-kelas menjadi hidup, menarik dan menggairahkan .
Karena itu beralihlah ke Projector Interactive dari HITACHI.

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi Computa di telp (0274)-622150 atau (0274) 565956, atau di website www.hitachiprojector.co.id dan Bergabung juga di facebook hitachi projector. HitachiProjectorIndonesia

 

 

HITACHI ED27X
EKONOMIS DAN ECO FRIENDLY

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan proyektor yang murah dengan kualitas yang unggul, maka Hitachi menghadirkan type ED27X
Hampir semua bahan presentasi dapat diolah dan dijalankan pada sebuah komputer. 

Dengan Input yang benar-benar dibutuhkan dalam sebuah presentasi, yaitu Input Komputer dan memangkas Input yang lainnya, menjadikan ongkos produksi proyektor ini jauh lebih murah, sehingga bisa dijual dengan harga yang murah.

Sering dalam suatu seminar / diskusi menampilkan lebih dari satu panelis, sehingga membutuhkan Input Komputer lebih dari satu. Juga kadang dibutuhkan lebih dari satu proyektor dalam suatu ruangan, untuk memudahkan perkabelan dibutuhkan juga proyektor yang dilengkapi dengan Monitor Output. 

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka ED27X ini dilengkapi dengan 2 buah colokan Komputer yang bisa berfungsi sebagai 2 Komputer Input atau masing-masing menjadi Komputer Input dan Monitor Output. Fungsi tersebut dapat dipilih melalui pilihan Menu pada proyektor. Untuk Laptop / Notebook yang hanya memiliki colokan HDMI, bisa dibelikan konverter dari HDMI ke VGA dengan harga sekitar 60 – 80 ribu rupiah saja.

Selain itu, proyektor ini juga ramah lingkungan, karena menggunakan ImageCare Technologi dan juga fitur-fitur umggulan lainnya.
Dengan “ImageCare Technology” ini, penggunaan daya lampu bisa diatur secara otomatis, disesuaikan dengan gelap/terangnya gambar Input. Bila gambar Input terang, daya Lampu = 100%, dan bila gambar Input gelap, daya lampu hanya 65%.

Dan bila dalam jangka waktu tertentu ( bisa diatur antara 1~30 menit), gambar Input tidak berubah, maka otomatis proyektor akan meredupkan lampunya, hingga daya lampu yg digunakan hanya 30% saja.

Dengan demikian, akan terjadi penghematan energi listrik dan emisi gas CO2. Selain itu juga akan memperpanjang umur lampu, karena lampu tidak terus-menerus digunakan pada daya penuh dan menjadikan lampu juga lebih awet. Itu sebabnya, lampu proyektor ini mampu bertahan hingga 5000 jam ( Normal Mode) , bahkan 6000 jam ( Eco Mode ).

Dengan Brightness 2700 ANSI lumens dengan Berat 3 kg, kiranya menjawab kebutuhan konsumen akan Proyektor yang terang dengan bentuk yang kecil dan ringan. Resolusi XGA ( 1024 x 768 pixels ) menjamin proyektor ini bisa memproduksi gambar yang lebih halus dan detail,  dengan teknologi 3 LCD menjamin kwalitas warna yg lebih indah, cerah, matang dan pasti sesuai dengan sumber aslinya.
.